Tugas Akhir Disain Instruksional
Tugas akhir Disain
Instruksional/Desain Pembelajaran// Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran
Mata
Kuliah :
Beatboxing Class
Sasaran :
Mahasiswa Semester 3
Bobot : 2 SKS
Status
Mata Kuliah : Pilihan
Tujuan
Instruksional Umum :
Setalah mengikuti Mata Kuliah “Beatbox
Class”, mahasiswa semester 3 ini diharapkan bisa Beatboxing dengan teknik
yang baik dan benar. Mahasiswa juga diasah untuk menjadi Beatboxer yang handal dan baik untuk Perform,
baik dalam acara kecil, battle, maupun mengisi acara acara besar seperti tampil
di Televisi Nasional.
Tujuan Instruksional Khusus :
1. Mahasiswa mengetahui apa itu beatbox
2. Mahasiswa mengetahui dasar dasar bunyi dalam Beatbox
3. Mahasiswa mengetahui teknik-teknik dalam beatbox
4. Mahsiswa bisa melakukan Fast Beat
5. Mahasiswa menguasai Musicality
dalam Beatbox
6. Mahasiswa Membuat Beat
miliknya sendiri
7. Mahasiswa mengerti Crowd
Controlling saat tampil
8. Mahasiswa menjadi Beatboxer
yang handal.
Pembahasan pada setiap pertemuan :
Pertemuan = P
1. P1 :
Mempelajari apa itu beatbox
2. P2 : Mencari
tahu sejarah-sejarah Beatbox
3. P3 :
Mempelajari dasar dasar bunyi (B T K)
4. P4 : Mahasiswa
mempelajari Scratching
5. P5 : Mahasiswa
dilatih pernafasannya agar bisa Beatbox
dengan durasi yang cukup lama
6. P6 : Mempelajari
musik bergenre Dubstep
7. P7 :
Mempelajari musik bergenre Trap
8. P8 : Mahasiswa
Mempelajari teknik untuk Beat Cepat /
Fast Beat
9. P9 : Mempelajari
cara untuk memperindah Musicality mereka
dalam Beatbox
10. P10 : Mahasiswa
mempelajari teknik teknik meng-Cover
suatu lagu
11. P11 : Mahasiswa
Membuat Beat miliknya sendiri
12. P12 : Mahasiswa
melakukan konsultasi Beat miliknya
dengan teman sekelas atau dengan dosen
13. P13 : Mahasiswa
diajarkan cara untuk tampil Beatboxing
di depan umum
14. P14 :
Mahasiswa diajarkan cara untuk Crowd
Controlling
15. P15 : Mahasiswa melakukan Battle dengan temanya
16. P16 :
Mahasiswa mengevaluasi hasil belajar Beatbox
mereka.
Tujuan
pembahasan setiap pertemuan :
Tujuan Pembahasan = TP
1. TP1 : Mahasiswa
mengetahui apa itu beatbo/beatboxing/ dan juga beatboxer-beatboxer di dunia.
2. TP2 : Mahasiswa mengetahui sejarah dalam dunia
per-Beatbox-an
3. TP3 : Mahasiswa
dapat membunyikan suara B T K dalam beatbox
4. TP4 : Mahasiswa
dapat melakukan teknik Scratching dalam
beatbox
5. TP5 : Mahasiswa
dapat melakukan teknik pernafasan yang baik saat Beatboxing
6. TP6 : Mahasiswa
dapat Beatboxing bergenre Dubstep
7. TP7 : Mahasiswa
dapat Beatboxing bergenre Trap
8. TP8 : Mahasiswa
dapat melakukan Fast Beat
9. TP9 : Mahasiswa
dapat mengimrovisasi musikalitas mereka
10. TP10 : Mahasiswa
bisa meniru suara suara yang ada dalam suatu lagu dan juga bisa bernyanyi dan
beatboxing dalam waktu yang sama
11. TP11 : Mahasiswa
dapat membuat Beat orisinil milik
mereka sendiri
12. TP12 : Mahasiswa
dapat memperbaiki Beat yang telah ia
buat setelah konsultasi dengan teman nya dan juga dosen
13. TP13 : Mahasiswa
dapat tampil baik dan benar saat tampil di muka umum
14. TP14 : Mahasiswa
dapat mengambil perhatian Audiens saat tampil Beatboxing
15. TP15 : Mahasiswa
dapat menunjukan Beat yang telah ia
buat dan bertarung dengan Beat buatan
temanya
16. TP16 : Mahasiswa
mengevaluasikan teknik teknik beatbox nya dan mengevaluasi apa yang telah ia
dapat selama belajar di Beatboxing Class.
Nama : Haykal Tamagyan Pasha
Kelas
: TP C 2017
NIM : 1101617053