Tugas Akhir Disain Instruksional



Tugas akhir Disain Instruksional/Desain Pembelajaran// Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran

Mata Kuliah              : Beatboxing Class
Sasaran                    : Mahasiswa Semester 3
Bobot                                    : 2 SKS
Status Mata Kuliah : Pilihan

Tujuan Instruksional Umum :
            Setalah mengikuti Mata Kuliah “Beatbox Class”, mahasiswa semester 3 ini diharapkan bisa Beatboxing dengan teknik yang baik dan benar. Mahasiswa juga diasah untuk menjadi Beatboxer yang handal dan baik untuk Perform, baik dalam acara kecil, battle, maupun mengisi acara acara besar seperti tampil di Televisi Nasional.

Tujuan Instruksional Khusus :
1.    Mahasiswa mengetahui apa itu beatbox
2.    Mahasiswa mengetahui dasar dasar bunyi dalam Beatbox
3.    Mahasiswa mengetahui teknik-teknik dalam beatbox
4.    Mahsiswa bisa melakukan Fast Beat
5.    Mahasiswa menguasai Musicality dalam Beatbox
6.    Mahasiswa Membuat Beat miliknya sendiri
7.    Mahasiswa mengerti Crowd Controlling saat tampil
8.    Mahasiswa menjadi Beatboxer yang handal.

Pembahasan pada setiap pertemuan :
            Pertemuan = P
1.    P1       : Mempelajari apa itu beatbox
2.    P2       : Mencari tahu sejarah-sejarah Beatbox
3.    P3       : Mempelajari dasar dasar bunyi (B T K)
4.    P4       : Mahasiswa mempelajari Scratching
5.    P5       : Mahasiswa dilatih pernafasannya agar bisa Beatbox dengan durasi yang cukup lama
6.    P6       : Mempelajari musik bergenre Dubstep
7.    P7       : Mempelajari musik bergenre Trap
8.    P8       : Mahasiswa Mempelajari teknik untuk Beat Cepat /  Fast Beat
9.    P9       : Mempelajari cara untuk memperindah Musicality mereka dalam Beatbox
10. P10     : Mahasiswa mempelajari teknik teknik meng­-Cover suatu lagu
11. P11     : Mahasiswa Membuat Beat miliknya sendiri
12. P12     : Mahasiswa melakukan konsultasi Beat miliknya dengan teman sekelas atau dengan dosen
13. P13    : Mahasiswa diajarkan cara untuk tampil Beatboxing di depan umum
14. P14    : Mahasiswa diajarkan cara untuk Crowd Controlling
15.  P15    : Mahasiswa melakukan Battle dengan temanya
16. P16    : Mahasiswa mengevaluasi hasil belajar Beatbox mereka.

Tujuan pembahasan setiap pertemuan :
Tujuan Pembahasan = TP
1.    TP1     : Mahasiswa mengetahui apa itu beatbo/beatboxing/ dan juga beatboxer-beatboxer di dunia.
2.     TP2    : Mahasiswa mengetahui sejarah dalam dunia per-Beatbox-an
3.    TP3     : Mahasiswa dapat membunyikan suara B T K dalam beatbox
4.    TP4     : Mahasiswa dapat melakukan teknik Scratching dalam beatbox
5.    TP5     : Mahasiswa dapat melakukan teknik pernafasan yang baik saat Beatboxing
6.    TP6     : Mahasiswa dapat Beatboxing bergenre Dubstep
7.    TP7     : Mahasiswa dapat Beatboxing bergenre Trap
8.    TP8     : Mahasiswa dapat melakukan Fast Beat
9.    TP9     : Mahasiswa dapat mengimrovisasi musikalitas mereka
10. TP10   : Mahasiswa bisa meniru suara suara yang ada dalam suatu lagu dan juga bisa bernyanyi dan beatboxing dalam waktu yang sama
11. TP11   : Mahasiswa dapat membuat Beat orisinil milik mereka sendiri
12. TP12   : Mahasiswa dapat memperbaiki Beat yang telah ia buat setelah konsultasi dengan teman nya dan juga dosen
13. TP13   : Mahasiswa dapat tampil baik dan benar saat tampil di muka umum
14. TP14   : Mahasiswa dapat mengambil perhatian Audiens saat tampil Beatboxing
15. TP15   : Mahasiswa dapat menunjukan Beat yang telah ia buat dan bertarung dengan Beat buatan temanya
16. TP16   : Mahasiswa mengevaluasikan teknik teknik beatbox nya dan mengevaluasi apa yang telah ia dapat selama belajar di Beatboxing Class.

Nama : Haykal Tamagyan Pasha
Kelas  : TP C 2017
NIM     : 1101617053

Categories:

Leave a Reply