Rangkuman Prinsip Psikologi dalam Pembelajaran
Aliran Humanisme
- Menekankan pada kebebasan individu
- Berorientasi pada siswa
- Guru berperan sebagai fasilitator
Kata Kunci : Kebebasan dan interaksi dengan lingkungan
Kesimpulan :
Aliran
ini adalah aliran yang lebih mendahulukan siswa untuk bebas dalam memilih waktu
belajarnya sendiri. Dan guru hanya memfasilitasi fasilitasi belajarnya, tidak
menekankan materi terus menerus.
Aliran Behavioristik
- Pengelolaan kondisi belajar untuk perubahan perilaku siswa (learner)
- Perubahan perilaku belajar harus dapat diamati
Kata Kunci : Perubahan perilaku siswa akibat stimulus-respond
Kesimpulan :
Aliran ini lebih
bertujuan untuk mengubah kebiasaan(kurang baik) siswa agar menjadi lebih baik.
Siswa di beri stimulus seperti pengelolaan kondisi belajar yang kondusif untuk
memberikan dampak psikologis bagi siswa tersebut.
Aliran Kognitifisme
- Kematangan intelektual
- Interaksi dengan lingkungan
- Transmisi sosial (belajar dari orang lain)
Kata Kunci : Perubahan struktur kognitif
Kesimpulan :
Aliran ini merupakan
aliran yang membuat siswa belajar dari lingkungan sekitar dan lingkungan
sosialnya. Agar ke-intelektualan siswa dapat tumbuh.
Aliran Konstruktifisme
- Peserta didik berfikir sendiri untuk memaknai suatu peristiwa
- Berpikir kolaboratif untuk berbagi makna atas peristiwa
- Menghubungkan pengalaman awal dengan peristiwa belajar
Kata Kunci : Belajar dengan pengalaman konkrit konstektual, bermakna
Kesimpulan :
Aliran ini memancing
logika siswa untuk mengetahui kenapa sebuah peristiwa dapat terjadi dan
memaknai nya. Juga memancing siswa untuk menggunakan logikanya untuk memecahkan
dan mengurutkan suatu masalah.
Aliran Cibernetik
- Manusia memproses informasi dan pembuat respond yang aktif
- Manusia belajar secara sistematis & sistematik
- Manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahuinya
Kata Kunci : Belajar secara sistematis & sistematik
Kesimpulan :
Aliran ini
adalah aliran yang bergantung pada umpan balik dari para siswa/pebelajar. Siswa
lebih ditekankan pada pembelajaran yang sistemeatis dan sistematik agar segala
sesuatu teroganisir.
Nama :
Haykal Tamagyan Pasha
Nim : 1101617053
Kelas/Angkatan
: 2017/C