Rangkuman Prinsip Psikologi dalam Pembelajaran

             Aliran Humanisme

- Menekankan pada kebebasan individu
- Berorientasi pada siswa
- Guru berperan sebagai fasilitator

Kata Kunci : Kebebasan dan interaksi dengan lingkungan

Kesimpulan :
Aliran ini adalah aliran yang lebih mendahulukan siswa untuk bebas dalam memilih waktu belajarnya sendiri. Dan guru hanya memfasilitasi fasilitasi belajarnya, tidak menekankan materi terus menerus.


Aliran Behavioristik

- Pengelolaan kondisi belajar untuk perubahan perilaku siswa (learner)
- Perubahan perilaku belajar harus dapat diamati

Kata Kunci : Perubahan perilaku siswa akibat stimulus-respond

Kesimpulan  :
Aliran ini lebih bertujuan untuk mengubah kebiasaan(kurang baik) siswa agar menjadi lebih baik. Siswa di beri stimulus seperti pengelolaan kondisi belajar yang kondusif untuk memberikan dampak psikologis bagi siswa tersebut.

           Aliran Kognitifisme

- Kematangan intelektual
- Interaksi dengan lingkungan
- Transmisi sosial (belajar dari orang lain)

Kata Kunci : Perubahan struktur kognitif

Kesimpulan  :
Aliran ini merupakan aliran yang membuat siswa belajar dari lingkungan sekitar dan lingkungan sosialnya. Agar ke-intelektualan siswa dapat tumbuh.
     
        Aliran Konstruktifisme

- Peserta didik berfikir sendiri untuk memaknai suatu peristiwa
- Berpikir kolaboratif untuk berbagi makna atas peristiwa
- Menghubungkan pengalaman awal dengan peristiwa belajar

Kata Kunci : Belajar dengan pengalaman konkrit konstektualbermakna

Kesimpulan :
Aliran ini memancing logika siswa untuk mengetahui kenapa sebuah peristiwa dapat terjadi dan memaknai nya. Juga memancing siswa untuk menggunakan logikanya untuk memecahkan dan mengurutkan suatu masalah.


            Aliran Cibernetik

- Manusia memproses informasi dan pembuat respond yang aktif
- Manusia belajar secara sistematis & sistematik
- Manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahuinya

Kata Kunci : Belajar secara sistematis & sistematik

Kesimpulan :
Aliran ini adalah aliran yang bergantung pada umpan balik dari para siswa/pebelajar. Siswa lebih ditekankan pada pembelajaran yang sistemeatis dan sistematik agar segala sesuatu teroganisir.


Nama                  : Haykal Tamagyan Pasha
Nim                     : 1101617053

Kelas/Angkatan : 2017/C

Categories:

Leave a Reply