Rangkuman dari Prinsip Prinsip Belajar yang Menyenangkan
Rangkuman Prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan
1.
RESPON AKAN DIULANG, BILA AKIBAT YANG
DITIMBULKAN MENYENANGKAN
Pebelajar akan mengulangi sesuatu yang telah diterima apabila dia pikir sesuatu
itu menyenangkan
2.
PRILAKU BELAJAR TIDAK HANYA AKIBAT DARI
RESPON, TETAPI JUGA PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN SISWA
Lingkungan yang kondusif akan membuat
mood siswa menjadi lebih baik untuk belajar.
3.
PRILAKU
YANG DIHASILKAN AKAN BERKURANG BILA TIDAK
DIPERKUAT DGN AKIBAT YANG MENYENANGKAN
Sesuatu
yang menyenangkan akan membuat ingatan pebelajar semakin baik, dan akan mudah
hilang jika tidak di review kembali.
4.
BELAJAR
YG TERBATAS AKAN DITRANSFER KE SITUASI LAIN SECARA TERBATAS PULA
Materi yang sedikit dan terbatas
akan membuat pebelajar mendapat sedikit ilmu pula.
5.
BELAJAR MENGGENERALISASI
DAN MEMBEDAKAN ADALAH DASAR UNTUK BELAJAR YANG KOMPLEKS
Dengan beberapa contoh untuk bisa
dibedakan akan membuat pebelajar menjadi mudah paham terhadap materi.
6.
KESIAPAN MENTAL MEMPENGARUH PERHATIAN DAN
KETEKUNAN SELAMA PROSES BELAJAR BERLANGSUNG
Pebelajar yang belum siap mental dan
pikiran, akan mempengaruhi proses belajar dari pebelajar itu sendiri. Oleh
karna itu mental dan pikiran pebelajar harus lah kuat dan bersih saat ingin
belajar.
7.
KEGIATAN BELAJAR YANG DIBAGI KECIL KECIL
DISERTAI
CARA PENYELESAIAN
UNTUK SETIAP LANGKAH
AKAN MEMPERCEPAT
PENCAPAIAN TUJUAN BELAJAR
Materi yang tidak terlalu banyak
akan membuat pebelajar lebih mudah menangkap materi. Dan apabila pebelajar
salah dalam menjawab Pembelajar haruslah membantu pebelajar dalam menemukan
penyelesaiannya agar pebelajar tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.
8.
KEBUTUHAN
MENYEDERHANAKAN MATERI YANG KOMPLEKS DAPAT DILAKUKAN DGN MENGGUNAKAN
SUATU MODEL
Materi yang sulit untuk dipahami haruslah
disederhanakan dengan adanya model atau objek.
9.
KETERAMPILAN TINGKAT TINGGI PADA DASARNYA
TERBENTUK
DARI KETERAM-PILAN YANG SEDERHANA
Tujuan belajar yang telah di
analisis dan mengsistematiskan kegiatan belajar, akan membuat keterampilan
keterampilan yang sederhana. Dan akan membentuk suatu keterampilan yang baik.
10.
BELAJAR AKAN LEBIH CEPAT
BILA SISWA MEMPEROLEH UMPAN BALIK DAN
CARA
MENINGKATKANNYA
Apabila pebelajar dapat menangkap materi yang di
berikan otomatis pebelajar juga bisa meng-improve
materi tersebut. Disitulah tujuan belajar berada.
11.
PERKEMBANGAN DAN KECEPATAN SISWA DALAM BELAJAR SANGAT BERVARIASI
Pebelajar memiliki kemampuan yang berbeda beda,
pembelajar harus memberikan kesempatan kepada pebelajar yang lambat dalam
belajar agar pebelajar tidak tertinggal dalam belajar.
12.
DENGAN
PERSIAPAN YANG
BAIK SISWA DAPAT MENGORGANISASIKAN KEGIATAN BELAJARNYA SENDIRI
Kegiatan belajar yang tidak terlalu padat dan diberikannya pebelajar
dalam memilih sumber dan cara belajar
mereka sendiri akan membuat pebelajar menjadi lebih senang dalam belajar.
Rangkuman dari keseluruhan prinsip prinsip ini adalah lokasi yang kondusif, mental yang cukup dan materi yang ringan dengan berbagai contoh akan membuat pebelajar termotivasi dalam belajar dan mudah dalam menangkap materi tersebut.
Nama : Haykal Tamagyan Pasha
NIM : 1101617053
Prodi/Angkatan/Kelas : Teknologi Pendidikan/2017/C