Rangkuman dari Prinsip Prinsip Belajar yang Menyenangkan

Rangkuman Prinsip prinsip pembelajaran menyenangkan

1.     RESPON  AKAN DIULANG, BILA  AKIBAT  YANG  DITIMBULKAN  MENYENANGKAN
Pebelajar akan mengulangi sesuatu yang telah diterima apabila dia pikir sesuatu itu menyenangkan
2.     PRILAKU BELAJAR TIDAK HANYA AKIBAT DARI RESPON,  TETAPI  JUGA PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN SISWA
 Lingkungan yang kondusif akan membuat mood siswa menjadi lebih baik untuk belajar.
3.    PRILAKU YANG DIHASILKAN AKAN BERKURANG BILA TIDAK DIPERKUAT DGN  AKIBAT  YANG MENYENANGKAN
Sesuatu yang menyenangkan akan membuat ingatan pebelajar semakin baik, dan akan mudah hilang jika tidak di review kembali.
4.    BELAJAR YG TERBATAS AKAN DITRANSFER KE  SITUASI LAIN SECARA TERBATAS PULA
 Materi yang sedikit dan terbatas akan membuat pebelajar mendapat sedikit ilmu pula.
5.    BELAJAR MENGGENERALISASI DAN MEMBEDAKAN ADALAH DASAR UNTUK BELAJAR YANG KOMPLEKS
  Dengan beberapa contoh untuk bisa dibedakan akan membuat pebelajar menjadi mudah paham terhadap materi.
6.    KESIAPAN  MENTAL MEMPENGARUH PERHATIAN  DAN  KETEKUNAN SELAMA PROSES BELAJAR BERLANGSUNG
   Pebelajar yang belum siap mental dan pikiran, akan mempengaruhi proses belajar dari pebelajar itu sendiri. Oleh karna itu mental dan pikiran pebelajar harus lah kuat dan bersih saat ingin belajar.
7.    KEGIATAN BELAJAR YANG DIBAGI KECIL KECIL DISERTAI  CARA  PENYELESAIAN UNTUK SETIAP LANGKAH AKAN  MEMPERCEPAT  PENCAPAIAN TUJUAN BELAJAR
   Materi yang tidak terlalu banyak akan membuat pebelajar lebih mudah menangkap materi. Dan apabila pebelajar salah dalam menjawab Pembelajar haruslah membantu pebelajar dalam menemukan penyelesaiannya agar pebelajar tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.

8.    KEBUTUHAN MENYEDERHANAKAN MATERI YANG KOMPLEKS DAPAT DILAKUKAN DGN MENGGUNAKAN SUATU MODEL
      Materi yang sulit untuk dipahami haruslah disederhanakan dengan adanya model atau objek.
9.    KETERAMPILAN  TINGKAT  TINGGI PADA DASARNYA TERBENTUK DARI KETERAM-PILAN YANG SEDERHANA
     Tujuan belajar yang telah di analisis dan mengsistematiskan kegiatan belajar, akan membuat keterampilan keterampilan yang sederhana. Dan akan membentuk suatu keterampilan yang baik.
10.      BELAJAR AKAN  LEBIH CEPAT  BILA  SISWA MEMPEROLEH UMPAN  BALIK DAN CARA
MENINGKATKANNYA
Apabila pebelajar dapat menangkap materi yang di berikan otomatis pebelajar juga bisa meng-improve materi tersebut. Disitulah tujuan belajar berada.
11.      PERKEMBANGAN DAN KECEPATAN SISWA DALAM BELAJAR SANGAT BERVARIASI
      Pebelajar memiliki kemampuan yang berbeda beda, pembelajar harus memberikan kesempatan kepada pebelajar yang lambat dalam belajar agar pebelajar tidak tertinggal dalam belajar.
12.      DENGAN PERSIAPAN YANG  BAIK  SISWA DAPAT MENGORGANISASIKAN KEGIATAN BELAJARNYA SENDIRI
Kegiatan belajar yang tidak terlalu padat dan diberikannya pebelajar dalam   memilih sumber dan cara belajar mereka sendiri akan membuat pebelajar menjadi lebih senang dalam belajar.

 Rangkuman dari keseluruhan prinsip prinsip ini adalah lokasi yang kondusif, mental yang cukup dan materi yang ringan dengan berbagai contoh akan membuat pebelajar termotivasi dalam belajar dan mudah dalam menangkap materi tersebut.

Nama                           : Haykal Tamagyan Pasha
NIM                              : 1101617053
Prodi/Angkatan/Kelas  : Teknologi Pendidikan/2017/C

Categories:

Leave a Reply