Pembelajaran Sebagai Sistem

Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruk-sional, untuk membuat siswa belajar secara aktif. Yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
Sistem adalah suatu komponen-komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Masukan          >      Proses          >         Keluaran
     =
               Umpan Balik
Sistem bisa berupa apa saja bisa berupa benda, peristiwa, kejadian atau cara yang terorganisasi yang terdiri dari atas bagian-bagian yang leih kecil dan seluruh bagian terebut secara bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan
Bisa dikatakan sistem apabila:
1.      Dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil
2.      Setiap kegiatan tesebut mempunyai fungsi tersendiri
3.      Seluruh bagian itu melakukan fungsi secara bersama
4.      Fungsi bersama yang dilakukan mampunyai suatu tujuan tertentu

Masukan
- Kurikulum
-Peserta
-Instruktur
-Sarana dan Prasarana

Proses
-Materi
-Metode
-Media
-Evaluasi
-PBP

Contoh Pembelajaran Sebagai Sistem
Masukan

Kurikulum,
yaitu kurikulum 2013.

Peserta,
yaitu siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak

Instruktur,
 yaitu Guru

Sarana dan Prasarana,
yaitu
Ruang kelas
Laboratorium Komputer
Laptop
Lcd dan proyector


PROSES

Materi

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
1.2. Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
1.3. Ruang Lingkup
1.4. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Komputer
1.5. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
1.6. Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak
1.7. Profesi dan Sertifikasi
1.8. Rekayasa Perangkat Lunak dan Pemecahan Masalah
1.9. Ringkasan
1.10. Soal-Soal Latihan

BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK

2.1. Model Proses Rekayasa Perangkat Lunak
2.2. Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak
2.3. Ringkasan
2.4. Soal-Soal Latihan


BAB 3 ELEKTRONIKA DAN SISTEM KOMPUTER

3.1. Dasar Elektronika
3.2. Elektronika Digital
3.3. Sistem Komputer
3.4. Ringkasan
3.5. Soal-Soal Latihan

BAB 4 SISTEM OPERASI

4.1. Pengertian Sistem Operasi
4.2. Jenis-Jenis Sistem Operasi
4.3. Menyiapkan Dan Menjalankan Sistem Operasi
4.4. Bekerja Dalam Komputer Jaringan
4.5. Ringkasan
4.6. Soal-Soal Latihan

BAB 5 ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR

5.1. Variabel, Konstanta dan Tipe Data
5.2. Struktur Algoritma Pemrograman
5.3. Pengelolaan Array
5.4. Operasi File
5.5. Ringkasan
5.6. Soal-Soal Latihan


Media
yaitu Buku produktif Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Laptop, Lcd&Projector

Evaluasi,
yaitu dengan mengadakan UTS dan UAS serta Ujian praktek di akhir semester

KELUARAN
Menghasilkan peserta didik yang berkompeten dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak 

Categories:

Leave a Reply