Pembelajaran Sebagai Sistem
Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruk-sional, untuk membuat siswa belajar secara aktif. Yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
Sistem adalah suatu komponen-komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Masukan > Proses > Keluaran
=
Umpan Balik
Sistem bisa berupa apa saja bisa berupa benda, peristiwa, kejadian atau cara yang terorganisasi yang terdiri dari atas bagian-bagian yang leih kecil dan seluruh bagian terebut secara bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan
Bisa dikatakan sistem apabila:
1. Dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil
2. Setiap kegiatan tesebut mempunyai fungsi tersendiri
3. Seluruh bagian itu melakukan fungsi secara bersama
4. Fungsi bersama yang dilakukan mampunyai suatu tujuan tertentu
Masukan
- Kurikulum
-Peserta
-Instruktur
-Sarana dan Prasarana
Proses
-Materi
-Metode
-Media
-Evaluasi
-PBP
Contoh Pembelajaran Sebagai Sistem
Masukan
Kurikulum,
yaitu kurikulum 2013.
Peserta,
yaitu siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak
Instruktur,
yaitu Guru
Sarana dan Prasarana,
yaitu
Ruang kelas
Laboratorium Komputer
Laptop
Lcd dan proyector
PROSES
Materi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
1.2. Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
1.3. Ruang Lingkup
1.4. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Komputer
1.5. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
1.6. Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak
1.7. Profesi dan Sertifikasi
1.8. Rekayasa Perangkat Lunak dan Pemecahan Masalah
1.9. Ringkasan
1.10. Soal-Soal Latihan
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
2.1. Model Proses Rekayasa Perangkat Lunak
2.2. Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak
2.3. Ringkasan
2.4. Soal-Soal Latihan
BAB 3 ELEKTRONIKA DAN SISTEM KOMPUTER
3.1. Dasar Elektronika
3.2. Elektronika Digital
3.3. Sistem Komputer
3.4. Ringkasan
3.5. Soal-Soal Latihan
BAB 4 SISTEM OPERASI
4.1. Pengertian Sistem Operasi
4.2. Jenis-Jenis Sistem Operasi
4.3. Menyiapkan Dan Menjalankan Sistem Operasi
4.4. Bekerja Dalam Komputer Jaringan
4.5. Ringkasan
4.6. Soal-Soal Latihan
BAB 5 ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR
5.1. Variabel, Konstanta dan Tipe Data
5.2. Struktur Algoritma Pemrograman
5.3. Pengelolaan Array
5.4. Operasi File
5.5. Ringkasan
5.6. Soal-Soal Latihan
Media
yaitu Buku produktif Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Laptop, Lcd&Projector
Evaluasi,
yaitu dengan mengadakan UTS dan UAS serta Ujian praktek di akhir semester
KELUARAN
Menghasilkan peserta didik yang berkompeten dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem adalah suatu komponen-komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Masukan > Proses > Keluaran
=
Umpan Balik
Sistem bisa berupa apa saja bisa berupa benda, peristiwa, kejadian atau cara yang terorganisasi yang terdiri dari atas bagian-bagian yang leih kecil dan seluruh bagian terebut secara bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan
Bisa dikatakan sistem apabila:
1. Dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil
2. Setiap kegiatan tesebut mempunyai fungsi tersendiri
3. Seluruh bagian itu melakukan fungsi secara bersama
4. Fungsi bersama yang dilakukan mampunyai suatu tujuan tertentu
Masukan
- Kurikulum
-Peserta
-Instruktur
-Sarana dan Prasarana
Proses
-Materi
-Metode
-Media
-Evaluasi
-PBP
Contoh Pembelajaran Sebagai Sistem
Masukan
Kurikulum,
yaitu kurikulum 2013.
Peserta,
yaitu siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak
Instruktur,
yaitu Guru
Sarana dan Prasarana,
yaitu
Ruang kelas
Laboratorium Komputer
Laptop
Lcd dan proyector
PROSES
Materi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
1.2. Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
1.3. Ruang Lingkup
1.4. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Komputer
1.5. Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
1.6. Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak
1.7. Profesi dan Sertifikasi
1.8. Rekayasa Perangkat Lunak dan Pemecahan Masalah
1.9. Ringkasan
1.10. Soal-Soal Latihan
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
2.1. Model Proses Rekayasa Perangkat Lunak
2.2. Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak
2.3. Ringkasan
2.4. Soal-Soal Latihan
BAB 3 ELEKTRONIKA DAN SISTEM KOMPUTER
3.1. Dasar Elektronika
3.2. Elektronika Digital
3.3. Sistem Komputer
3.4. Ringkasan
3.5. Soal-Soal Latihan
BAB 4 SISTEM OPERASI
4.1. Pengertian Sistem Operasi
4.2. Jenis-Jenis Sistem Operasi
4.3. Menyiapkan Dan Menjalankan Sistem Operasi
4.4. Bekerja Dalam Komputer Jaringan
4.5. Ringkasan
4.6. Soal-Soal Latihan
BAB 5 ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR
5.1. Variabel, Konstanta dan Tipe Data
5.2. Struktur Algoritma Pemrograman
5.3. Pengelolaan Array
5.4. Operasi File
5.5. Ringkasan
5.6. Soal-Soal Latihan
Media
yaitu Buku produktif Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Laptop, Lcd&Projector
Evaluasi,
yaitu dengan mengadakan UTS dan UAS serta Ujian praktek di akhir semester
KELUARAN
Menghasilkan peserta didik yang berkompeten dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak